Keanggotaan

Aliansi Jurnalis Independen menggelar perekrutan anggota sekurangnya sekali dalam setahun. Sebagaimana termaktub dalam  Pasal 15 AD/ART AJI, keanggotaan AJI terbuka pada setiap individu profesional dan independen yang secara teratur melakukan kegiatan meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi.

Baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, data dan grafik maupun bentuk lainnya dengan mengunakan media cetak, media elektronik, media internet, dan segala saluran yang tersedia sesuai dengan prinsip dan etika jurnalisme serta memenuhi syarat-syarat yang ditentukan di dalam ART dan Peraturan Organisasi.

Karena itu, secara prinsip keanggotaan AJI tidak mesti jurnalis, namun juga bisa meliputi pewarta foto, video journalist, juru kamera, kemudian editor/redaktur, kurator berita, produser siaran berita, editor foto berita, editor video berita, periset berita, kolumnis, ilustrator berita, karikaturis, perancang grafis berita, pengecek fakta, penulis cuplikan berita di televisi dan jejaring sosial, pembaca berita di televisi dan radio, jangkar berita (news anchor), jurnalis warga (blogger/vlogger/youtuber) dan jurnalis mahasiswa.


Pendaftaran Anggota

Untuk tahun 2019, AJI Bengkulu akan menggelar beberapa tahapan penerimaan anggota, yakni:

Pendaftaran & Pengembalian Formulir

10-30 Oktober 2019

Seleksi Administrasi

31 Oktober 2019

Tes Wawancara

01-03 November 2019

Pembekalan Tahap I

04 November 2019

Proses Pemantauan dan Rekomendasi

November 2019-Januari 2020

Penetapan Keanggotaan

Februari 2020 (Tentatif)


Syarat Anggota

Syarat menjadi anggota AJI Bengkulu termaktub dalam Pasal 2 ART AJI. Adapun syarat itu yakni:
a. Warga negara Indonesia
b. Melakukan kegiatan jurnalistik
c. Menyerahkan 3 karya jurnalistik yang diproduksi dalam setahun terakhir yang
dipublikasikan di media berbadan hukum atau menyerahkan 12 karya jurnalistik bagi jurnalis warga dan jurnalis mahasiswa dalam setahun terakhir
d. Tidak bekerja dan atau melakukan kegiatan yang bertentangan dengan Deklarasi Sirnagalih, Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, Kode Etik, Kode Perilaku dan Peraturan Organisasi
e. Mendapat rekomendasi dari 3 (tiga) anggota AJI
f. Bukan anggota organisasi profesi sejenis yang menjadi konstituen Dewan Pers
g. Bagi WNI yang tinggal di negara lain, maka pendaftarannya sesuai dengan tempat
penerbitan paspor
h. Mengikuti prosedur rekrutmen anggota AJI


Formulir

Untuk mendaftar, seluruh calon wajib mengisi formulir dan menyerahkan bukti karya jurnalistik. Untuk jurnalis sila lampirkan tiga bukti karya jurnalistik minimal tiga buah selama setahun terakhir. Sedangkan untuk jurnalis warga (Blogger/Vlogger/Youtuber) dan Jurnalis Mahasiswa (Pers Kampus) menyertakan 12 karya jurnalistik selama 1 tahun terakhir.

Untuk formulir dapat diunduh di tautan ini